Selasa, 02 Februari 2010

Pembuatan JDialog Sederhana

JDialog


Gambar 1: Penggunaan Dialog berupa JOptonPane

Window JDialog merupakan subwindow independen yang dapat dipergunakan untuk menampilkan pemberitahuan sementara yang terpisah dari window aplikasi utama. Sebagian besar Dialogs mempresentasikan pesan error atau peringatan (warning) kepada pengguna, akan tetapi Dialogs juga dapat menampilkan images, directory trees, atau hampir semua componen swing yang compatible aplikasi swing.


Untuk kemudahan, beberapa class componen pada swing dapat meakukan instansiasi dan menampilkan dialog secara langsng. Untuk membuat dialog yang standar dan sederhana, kita dapat menggunakan class JOptionPane. Class ProgressMonitor merupakan dialog yang menampilkan progress dari suatu operasi. Dua class yang lain, JColorChooser dan JFileChooser, juga berupa dialog standar. Untuk menampilkan print dialog, kita dapat menggunakan Printing API. Untuk membuat custom dialog, pergunakan class JDialog secara langsung.

Beberapa method yang dapat dipergunakan pada class JDialog:
  • method setTitle(String title); dapat dipergunakan untuk mengatur title pada JDialog
  • method setSize( double width, double height); dapat dipergunakan untuk mengatur ukuran dari JDialog
  • method setLocation(int x, int y); dapat dipergunakan untuk mengatur lokasi dari Jdialog pada saat     pertama kali ditampilkan.
  • method setVisible(boolean ); dapat dipergunakan untuk menampilkan atau menyembuyikan JDialog

contoh program lengkap  untuk menggunakan JDialog  yang di kostumisasi dapat di download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar