Jumat, 13 September 2013

Contoh Penggunaan JFrame sederhana

Di sini kita akan membahas tetang bagaimana cara membuat program sederhana dengan menggunakan class JFrame yang terdapat pada package javax.swing .

JFrame yang akan kita tampilkan memiliki title dengan tulisan Contoh JFrame ,  berukuran lebar 400 pixel dan tinggi 300 pixel, dengan lokasi di layar monitor pada saat ditampilkan terletak pada lokasi 100,100.




ok di bawah ini adalah method-method pada class JFrame yang akan kita gunakan untuk menampilkan JFrame dengan karakteristik seperti di atas.

  • Untuk memiliki JFrame dengan title "Contoh JFrame", maka kita dapat menggunakan  method setTitle(String title) atau super (String title). Method setTitle(String title) dipergunakan untuk mengatur title dari sebuah JFrame. Sedangkan perintah super(String tile) sebenarnya adalah memanggil constructor class induk dari  JFrame, yaitu class Frame. Salah satu constructor dari class Fame adalah constructor yang memiliki sau buah parameter ber type String, salah satu perintah yang terdapt di dalam constructr adlah menentukan title dari Frame. Type data String yang terdapat pada parameter masing-masing method tersebut dapat di isi dengan tulisan yang akan kita jadikan title dari JFrame yang akan kita buat. Sebagai  contoh, untuk membuat JFrame dengan title Contoh JFrame, maka kita tuliskan perintah :  super("Contoh JFrame"); atau setTitle("Contoh JFrame");
  • method setSize( double width, double height) dapat dipergunakan untuk mengatur ukuran dari JFrame yang akan kita buat. Method ini memiliki dua buah parameter yang kedua-duanya bertype double. Parameter yang pertama berfungsi untuk memasukan lebar dari JFrame yang kita buat, sedangkan parameter yang ke dua berfungsi untuk memasukkan tinggi dari JFrame yang kita buat. ke dua buah parameter tersebut bertype double,sehingga kita harus memasukkan angka ke dalamnya.  Satuan yang dipergunakan untuk menentukan ukuran JFrame adalah pixel, disesuaikan dengan resolusi dari layar monitor. Sebagai contoh untuk JFrame yang akan kita buat berukuran lebar 400 pixel dan tinggi 300 pixel, perintah yang akan masukkan adalah setSize(400, 300);
  • untuk menentukan lokasi dari JFrame yang kita buat ketika pertama kali ditampilkan di layar monitor , maka ada beberapa method yang dapat kita pergunakan, misalnya method setLocation(int x, int y) atau method setLocationRelativeTo(Component comp); method setLocation(int x, int y) dipergunaan apabila kita akan menampilkan JFrame di layar monitor berdasarkan koordinat x dan y pada layar monitor. sedangkan method setLocationRelativeTo(Component comp) dipergunakan apabila kita akan menampilkan JFrame relativ kepada suatu Component, sehingga JFrame akan ditampilkan tepat di tengah-tengah Component yang dijadikan rujukan. Apabila kita ingin menampilkan JFrame tepat di tengah-tengah layar monitor, maka kita isi parameter Component pada method tersebut dengan null. sebagai contoh:
setLocation(100, 100);  --> JFrame akan tampil dengan jarak 100 pixel dari sebelah kiri layar monitor, dan 100 pixel dari sebelah atas layar monitor.

setLocationRelativeTo(null); --> JFrame akan tampil tepat di tengah-tengah layar monitor.


  • Untuk mengatur reaksi yang dilakukan oleh JFrame ketika user menutup sebuah JFrame, maka kita dapat menggunakan method setDefaultCloseOperation(int i);  method ini memiliki satu buah parameter yang bertype int. Secara default, apabila kita tidak menentukan reaksi yang dilakukan oleh JFrame, maka apabila user menutup JFrame, JFrame tersebut akan dihilangkan dari monitor akan tetapi masih berjalan di dalam sistem. Sebagai contoh:
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE); --> aplikasi akan berhenti apabila user menekan tombol close pada JFrame.
setDefaultCloseOperation(DO_NOTHING_ON_CLOSE); --> tidak akan terjadi apa-apa ketika  user menekan tombol close pada JFrame.
  • untuk menampilkan sebuah JFrame, maka kita dapat menggunakan method setVisible( boolean). parameter bertype boolean ini hanya bisa di isi dengan true atau false. apabila di isi true, maka JFrame akan ditampilkan di layar monitor, sedagkan jika di isi false, maka JFrame tidak akan ditampilkan di layar monitor. Sebagai contoh:
setVisible( true );  --> JFrame akan ditampilkan di layar monitor
setVisible( false );  --> JFrame akan dihilangkan dari layar monitor


Untuk lebih jelasnya anda dapat mendownload contoh program sederhana untuk menampilkan sebuah JFrame di sini atau di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar